10 Rekomendasi Games dari Indonesia Tahun 2022

21 Mar 2023 06:14:07
banner

Ada banyak banget game di aplikasi mobile gaming maupun platform berbayar seperti Steam. Mau tahu mana yang buatan anak bangsa? Tenang, kami disini akan bantu kamu memilih game yang worth your time dan tentunya pas di kantong. Cobain beberapa game yang rilis di tahun 2022 ini buatan developer game Indonesia

1. A Space For The Unbound

Developer Mojiken Studio dan Toge Productions membuat game ini dengan tema petualangan, berkisah tentang kehidupan nasib Raya dan Atma dengan kekuatan supernatural. Mengambil latar tahun 90-an di Indonesia, A Space For The Unbound mengangkat kisah tentang anxiety dan depresi.  Mojiken Studio telah membuktikan kesuksesannya sebagai game developer dengan karya sebelumnya, When The Past Was Around atau She & The Light Bearer, yang memiliki visual grafis pixel art yang indah. A Space For The Unbound tersedia di platform Steam, Nintendo Switch, Playstation 4, dan Xbox One.

2. Coffee Talk Episode 2: Hibiscus & Butterfly

Game karya Toge Productions sekali lagi menjadi worldwide hit. Merupakan sekuel dari game sebelumnya, Hibiscus & Butterfly mengisahkan tentang seorang barista dengan shift kerja malam hari di sebuah café di Seattle. Player menyiapkan minuman yang hangat untuk pelanggan yang disukai sambil mendengarkan cerita mereka. Ambience game amat santai dengan lo-fi soundtrack dan latte art. Coffee Talk 2 available untuk Playstation 4, Xbox One, Nintendo Switch, dan Steam untuk PC.

3. Afterlove EP

Pikselnesia bekerja sama dengan publisher Fellow Traveller. Game ini adalah jenis petualangan dengan narasi. Afterlove EP bercerita tentang Rama, seorang musisi yang memulai perjalanan di kota Jakarta yang modern. Cerita Rama mengalir tentang perpisahannya dengan Cinta sang mantan pacar, dengan bantuan musik. Selain bisa diperoleh di platform Steam, Afterlove EP juga dirilis di Nintendo Switch, Playstation 4, dan Playstation 5.

4. Biwar Legend of Dragon Slayer

Devata Game Production didukung oleh Epic Mega Grant selaku publisher, merilis game dengan tema petualangan action ini di platform Steam. Game ini mengangkat cerita rakyat Indonesia dari suku Bali dan Papua. Visual game amat detail, terlihat dari bentuk kepulauan dan baju zirah. Biwar Legend of Dragon Slayer mengisahkan seorang anak laki – laki Papua yang berkelana mencari naga yang telah membunuh orang tuanya. Buat kamu yang suka banget game action pertempuran dengan bumbu teka – teki, Biwar Legend of Dragon Slayer cocok menjadi pilihan.

5. Anuchard

Anuchard merupakan game indie yang dirilis StellarNull, terinspirasi dari game klasik RPG 2D seperti Terranigma (SNES). Game ini bercerita tentang dunia fantasi dengan kekuatan sihir sebagai peran penting dalam peradabannya. Seorang Bellwielder bertugas untuk mengembalikan penduduk desa yang hilang dengan memecahkan teka – teki di ruang bawah tanah dan melakukan pertempuran melawan monster. Visual 2D yang sangat cantik terlihat dari lingkungan sekitar yang seolah dilukis dengan cat air. Anuchard dirilis di platform Steam, juga available di konsol game.

6. Coral Island

Game ini adalah RPG (Role Play Game) simulasi, dirilis oleh Stairway Games dengan Humble Bundle selaku publisher-nya. Pada game ini player akan menjalani keseruan hidup beternak, menyelam, memancing, dan menangkap serangga. Player juga bercocok tanam sesuai kondisi empat musim, yaitu spring, summer, fall, dan winter. Fiturnya juga menyediakan 40 karakter unik yang bisa dijadikan teman. Saat ini Coral Island available di Microsoft Windows 10/11.

7. My Lovely Wife

My Lovely Wife adalah sekuel dari My Lovely Daughter, karya developer game GameChanger Studio bersama dengan Toge Productions dan Neon Doctrine. Sukses dari game pertama yang rilis tahun 2018, My Lovely Wife mengusung genre petualangan naratif, menceritakan kesedihan seorang laki – laki bernama Jake yang ditinggal mati istrinya, Luna.  Sebagai Jake, player harus mengumpulkan zat kimia bernama “Carnal Essence”, dari makhluk iblis succubi. Jika player berhasil, Luna akan dikembalikan dari kematian. Karena bergantung dari kemampuan player memilih keputusan yang mana maka setiap player akan mencapai ending yang berbeda. Penasaran kan? Segera dapatkan di Steam, Nintendo Switch, Xbox One, Playstation 4 & 5, serta iOS.

8. Fragmented Memories  - Arc One

Platonic Game Studio selaku game developer merilis Fragmented Memories di platform Steam, dengan YSY Softworks sebagai publisher. Fragmented Memories adalah game petualangan misteri dengan genre horor psikologi. Bercerita tentang seorang laki – laki bernama James yang mencari istrinya di kota yang terlupakan, player akan dibawa bolak – balik dari dunia nyata ke dunia mimpi untuk mengumpulkan petunjuk. James akan dibuat bingung dengan kondisi sekitar yang tidak masuk akal, tentang teman – temannya, bahkan ingatannya sendiri. Penasaran dengan ending game-nya ga sih? Yuk download sekarang!

9. Grammarian, Ltd

Main game sambil belajar grammar? Yuk kenali game yang satu ini! Player akan bertugas naik level dengan mengoreksi dokumen, belajar beberapa rules grammar, dan bertanding melawan yang lain dalam grammar battle. Jika berhasil melaksanakan tanggung jawab, kamu bisa mendekor apartemen, mengadopsi hewan, atau naik helikopter ke tempat kerja. Dirilis Algorocks, Grammarian tersedia di platform Steam, Nintendo Switch, dan Android. Grammarian seru untuk belajar bahasa Inggris dengan cara asik.

10. Potion Permit

Jadilah seorang alchemist di kota kecil dan sembuhkan penduduk kota! Walaupun dunia luar sudah maju, kota Moonbury lebih menyukai pengobatan tradisional sebagai metode penyembuhan kesehatan mereka. Suatu hari seorang putri walikota jatuh sakit dan tidak ada yang bisa menyembuhkannya. Mereka harus mencari bantuan ke luar komunitas agar ia sembuh. Game petualangan simulasi ini dirilis Masshive Media di platform Steam, Nintendo Switch, Playstation 4, dan Playstation 5.

Para game developer Indonesia sudah mampu menciptakan game terbaik dengan konsep menarik di berbagai genre, bahkan beberapa game developer Indonesia sudah ada yang mendunia. Sebagai penikmat game tentunya kita akan memilih game yang cocok dengan selera masing – masing. Dengan memainkan game karya anak bangsa, kita turut membantu perkembangan game dalam negeri yang semakin ramai dan menjanjikan.

Tag

IGDX: Menguak Potensi Industri Game Indonesia yang Tinggi
IGDX: Menguak Potensi Industri Game Indonesia yang Tinggi
17 Mar 2023 07:58:01
Ingin Kembangkan Industri Video Game? Baca Dulu Ini!
Ingin Kembangkan Industri Video Game? Baca Dulu Ini!
17 Mar 2023 08:03:18
4 Cara Meraih Cuan dari Game
4 Cara Meraih Cuan dari Game
17 Mar 2023 08:06:42
4 Tips Menjadi Game Developer Andal
4 Tips Menjadi Game Developer Andal
17 Mar 2023 08:09:53