4 Cara Meraih Cuan dari Game

17 Mar 2023 08:06:42
banner

Hobi bermain game ternyata bisa menghasilkan uang. Jika ditekuni dengan baik, bermain game bukan hanya tentang mengisi waktu luang dan mencari kesenangan. Dengan ketekunan meningkatkan skill, bukan hal yang mustahil untuk memperoleh cuan dari bermain game. Dari hobi menjadi ahli, itulah kira – kira yang terjadi. Berikut ini tips kami untuk kamu yang kepingin mencari cuan dari game.

Live streaming saat bermain game

Live streaming berarti bermain game secara real-time dan dilihat orang dari berbagai penjuru. Untuk bisa live streaming maka kamu membutuhkan platform interaktif yang memadai seperti Twitch dan Youtube. Live streaming ini bertujuan untuk memperoleh monetisasi dari audiens yang besar dengan pemasangan iklan dan fitur subscribe atau berlangganan dari audiens yang setia.

Figure 1. Para gamer pro biasa mencari audiens melalui platform interaktif seperti Twitch atau Youtube

Yang perlu kamu pikirkan adalah mengapa orang – orang harus menontonmu bermain game ketimbang menonton tayangan yang lainnya. Apa sih yang membuat kamu berbeda dari streamer lainnya? Disini kamu butuh membangun imej yang cukup menarik agar orang – orang tertarik. Kamu bisa menjadi pemain pro di game tertentu atau kamu bermain game yang jarang dimainkan gamer lainnya. Sebagian besar gamer professional juga memanfaatkan streaming untuk memperoleh popularitasnya.

Lalu apa sih yang dipersiapkan sebelum live streaming? Hal yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan perangkat komputer game yang memadai, memilih game online yang sedang hype saat ini, punya internet yang cepat, dan attitude yang seru untuk berinteraksi dengan penonton kamu. Pastikan kecepatan upload internet kamu cukup oke untuk bisa streaming.

Mengikuti turnamen game

Turname game adalah sumber cuan yang luar biasa. Semakin popular game-nya, semakin besar pula hadiahnya. Kalau kamu cukup terampil untuk bisa bergabung dalam klub e-sport, kamu bahkan bisa dapat gaji.

Untuk bisa mengikuti turnamen game, kamu harus punya skill yang mumpuni. Caranya dengan berlatih tekun agar kamu bisa menguasai game yang kamu pilih. Kalau sudah jago, coba dulu dengan berpartisipasi pada lomba skala kecil. Setelah kamu cukup dikenal dengan memenangkan kejuaraan, upgrade dirimu dengan bergabung dalam tim nasional dan berpartisipasi dalam turnamen yang lebih besar.

Menjadi game tester

Game tester bertanggung jawab untuk menguji suatu game dalam tingkat level tertentu dari video game. Para game tester ini dibayar untuk memberikan review atau ulasan dan menemukan kesalahan atau bug dalam meningkatkan kualitas game. Pekerjaan ini cukup menyenangkan. Kamu akan bermain game yang sedang dikembangkan dan belum pernah dirilis. Untuk menjadi game tester tidak terlalu sulit namun pekerjaan ini mungkin cukup membosankan. Kamu akan memeriksa dengan menguji hal yang sama berulang – ulang, terutama setelah ada revisi permainan.

Bergabung dengan tim game developer atau pengembang game

Game developer mengambil konsep para desainer game dan membangun konsep tersebut menjadi game yang dapat dimainkan oleh pengguna. Profesi ini bisa disebut juga sebagai pengembang game. Pengembang game bertanggung jawab menulis kode game untuk berbagai format seperti PC (Personal Computer), konsol, browser web, dan ponsel.

Figure 2. Developer game dapat dijadikan profesi jangka panjang

Para game developer menekuni passion terhadap game dengan terjun langsung pada industri pembuatannya. Mereka sangat antusias, kreatif, dan berdedikasi dengan profesi ini. Ada kepuasan tersendiri dalam menciptakan suatu game yang dapat dinikmati kalangan gamer. Dengan menjadi bagian dari game developer, kamu bisa mendapatkan pekerjaan di industri game yang kamu sukai.

Perkembangan developer game di Indonesia

Indonesia memiliki potensi yang besar dalam hal perkembangan developer game yang sudah terbangun sampai saat ini. Pada acara penutupan IGDX Conference yang diadakan offline di hotel The Stones, Legian, Bali pada bulan Oktober 2022 kemarin, Kominfo mengklaim bahwa sudah ada sekitar 200 juta orang Indonesia terhubung ke internet dan tercatat gemar bermain game. Hal ini tentunya didukung dengan infrastruktur digital Indonesia yang semakin baik.

Jumlah pengembang game naik terus – menerus setiap tahunnya. Tentunya ini didukung dari perkembangan industri game di pasar internasional yang mendukung majunya industri game lokal. Sebanyak 55.4 persen dari pengembang game di Indonesia berasal dari pulau Jawa. Dari angka tersebut tercatat 20.5 persen pengembang game ada di Jakarta dan sebanyak 9.6 persen berasal dari pulau Sumatera.

Setelah membaca informasi ini, kamu siap memulai mencari cuan dari game lewat mana? Ikuti tren gaming saat ini supaya makin mantap memulai!

Tag

IGDX: Menguak Potensi Industri Game Indonesia yang Tinggi
IGDX: Menguak Potensi Industri Game Indonesia yang Tinggi
17 Mar 2023 07:58:01
Ingin Kembangkan Industri Video Game? Baca Dulu Ini!
Ingin Kembangkan Industri Video Game? Baca Dulu Ini!
17 Mar 2023 08:03:18
4 Tips Menjadi Game Developer Andal
4 Tips Menjadi Game Developer Andal
17 Mar 2023 08:09:53
Kenali Developer Game Terbaik Berikut, Mana nih Game Favoritmu?
Kenali Developer Game Terbaik Berikut, Mana nih Game Favoritmu?
17 Mar 2023 08:13:14