4 Tips Menjadi Game Developer Andal

17 Mar 2023 08:09:53
banner

Industri game adalah salah satu sektor industri yang cepat berkembang. Jika menjadi game developer adalah cita – cita kamu, karir di industri game bisa jadi pilihan terbaik lho! Menilik pasar game yang juga terus bertumbuh di Indonesia, banyak generasi muda yang kini menekuninya menjadi profesi. Artikel ini mengulas tentang profesi seorang game developer dan tips meraih impian menjadi game developer yang andal.

Pengertian game developer

Game developer adalah orang yang memiliki keahlian mewujudkan konsep desain game menjadi utuh dan dapat dimainkan. Untuk bisa melakukan tanggung jawab tersebut dibutuhkan keahlian khusus dalam mengembangkan sebuah aplikasi. Seorang game developer memahami imajinasi pembuatan game dan mewujudkannya menjadi nyata melalui rekayasa perangkat lunak. Mereka juga harus bisa bekerja sama untuk mengembangkan konsep game sambil mengikuti jadwal project, berinteraksi di dalam tim, dan dapat bekerja sesuai dengan budget.

Bagaimana menjadi game developer andal?

Keterampilan dan kualifikasi penting untuk membangun karir game developer. Setidaknya kamu bisa meraih gelar pada bidang interactive media, animasi, desain grafis, atau game designer secara khusus. Gabungan keseluruhan bidang tersebut berguna untuk membangun karir pada industri ini. Berikut step-by-step menjadi game developer yang andal.

Mampu menganalisis game

Menganalisis game berarti mempunyai pemahaman tentang berbagai jenis game dan komponennya yang berbeda untuk dapat merancang sebuah fitur dalam game. Pelajari aspek – aspek yang ada dalam game tersebut, kemudian lihat apa yang membuat si game developer membuat keputusan tersebut. Perhatikan juga kerangka permainan dan perkembangannya. Kamu bisa memainkan game-nya untuk lebih memahami cara kerja game, fitur yang ada di dalamnya, dan bagaiman fitur tersebut berinteraksi.

Menganalisis game secara kritis diperlukan untuk mengasah kemampuan analitis kamu dalam sebagai seorang game developer. Untuk sebuah game yang sedang diperiksa, kamu akan berpikir apa hal yang membuat game itu sangat bagus dan dimainkan banyak orang. Ada banyak langkah untuk membuat analisis kritis terhadap sebuah game, namun kamu bisa memulai dengan 3 langkah berikut:

  • Jelaskan elemen game-nya dan buat poin – poin ada apa saja disana.

  • Jelaskan hasil dari elemen formal ketika game dimainkan (motion). Bagaimana setiap elemen disana berinteraksi? Apakah efektif?

  • Pahami desainer game memilih elemen tersebut dan apa pengaruhnya jika elemennya diganti.

Mempunyai background pendidikan yang sesuai

Kualifikasi pendidikan seperti apa sih yang dibutuhkan seorang game developer? Kamu bisa mempelajari computer science atau software engineering sebagai basic-nya. Walaupun memiliki talenta dan skill yang cukup, dengan kelengkapan dokumen sertifikasi atau ijazah akan menunjukkan bahwa kamu memiliki kapabilitas dan pondasi yang solid di bidang ini. Para perusahaan game akan mencari kandidat yang memenuhi syarat dengan background yang relevan di bidang pengembangan game. So, ambil pendidikan di perguruan tinggi dengan nilai yang bagus ya!

Agar bisa memahami basic ilmunya, kamu bisa mengambil pendidikan Strata 1 (S1). Jurusan ilmu komputer atau teknik informatika adalah pilihan yang cocok. Pada jurusan tersebut, kamu akan diajarkan pemrograman komputer. Selain ilmu komputer, kamu yang nyeni banget bisa juga ambil bagian dalam tim game developer. Jurusan desain komunikasi visual atau desain produk cocok untuk si artsy. Untuk kamu yang jago ngegambar, kamu bisa ambil sertifikasi  Digital Media Design. Pada program tersebut dipelajari media arts yaitu penggunaan digital imaging dan alat media produksi seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Adobe InDesign. Media – media tersebut berguna banget untuk profesi game developer.

Figure 1. Digital illustrator adalah profesi yang cocok untuk kamu yang nyeni banget

Memahami coding atau programming

Di setiap game terdapat kode yang menjalankan game untuk penggunanya. Kode atau coding ini ditulis melalui bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman atau programming sangat penting dalam pengembangan perangkat lunak game. Pengalaman bermain game yang mulus dan tanpa cela merupakan hasil dari penulisan coding yang sangat baik. 

Figure 1. Pengetahuan tentang coding dan programming adalah pondasi dasar seorang game developer

Agar bisa menghasilkan produk game yang dapat dimainkan sempurna, sangat penting bagi seorang game developer untuk memiliki pengetahuan mengenai programming yang baik seperti C++, C, Java, Lua, dan sebagainya. Pengetahuan tentang pengembangan database juga penting untuk mendukung skill programming kamu, seperti MySQL,  MS SQL, atau Oracle. Hal ini nantinya berguna jika ada perubahan dalam implementasi sistem backend server.

Mengejar impian bekerja pada bidang programming di perusahaan besar memang keren. Namun selain itu kamu juga bisa memulai karir di studio game indie manapun untuk mengasah skill dan menyusun pengalaman. Mulailah dari langkah kecil untuk selanjutnya dapat berlari cepat menjadi seorang game developer andal.

Menyusun portfolio game development

Portfolio game development akan menjadi track record pengalaman kamu dalam meniti karir untuk menjadi game developer. Pengalaman praktek disusun dalam portfolio untuk menunjukkan keseriusanmu dalam mengasah skill. Portfolio yang keren akan menarik minat studio game besar. Rancang pengembangan game sederhana sebagai permulaan untuk selanjutnya kamu bisa mengembangkan game yang lebih kompleks dan rumit.

Susun portfolio dengan detail dan rinci. Masukkan link untuk menginstal software game kamu sehingga siapa saja yang membaca portfolio bisa mencoba game tersebut. Beri credit pada siapa saja yang bekerja sama dalam perancangan dan pengembangan game dengan menyertakan nama mereka di portfolio.

Industri game di Indonesia ramai

Peluang industri game nasional di Indonesia sangat besar. Pendapatan nasional dari industri game dilaporkan mencapai lebih dari 16 triliun di tahun 2022. Angka tersebut diungkapkan Kementerian Kominfo pada puncak acara penutupan Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2022 di Legian, Bali, tanggal 15-16 Oktober tahun 2022 lalu. Kenaikan laku industri game ini juga dibuktikan dengan naiknya peserta pada perhelatan akbar IGDX yang merupakan ajang kolaborasi Kementerian Kominfo dan dan Asosiasi Game Indonesia (AGI). Tahun 2022 ini IGDX diikuti oleh 36 partisipan, sedangkan di tahun 2021 diikuti oleh 24 partisipan.

IGDX itu acara apaan sih? Nah buat kamu yang belum tahu nih, IGDX adalah sebuah acara yang mempertemukan pelaku industri game global dengan pelaku industri game lokal. Acara ini memiliki tahapan – tahapan kegiatan, yakni IGDX Academy, IGDX Career, IGDX Business, dan IGDX Conference. Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan kemampuan daya saing para pengembang game di Indonesia yang mendorong pertumbuhan industri game nasional. 

Pada IGDX Career, ada lebih dari 20 perusahaan game yang membuka 100 lowongan kerja lho! Kebayang ga sih profesi game developer di Indonesia sebanyak apa? Kamu yang bercita – cita mengembangkan karir karena kecintaan kamu akan game, sudah pasti punya peluang. Game development di Indonesia akan terus bertumbuh dengan tercatatnya potensi investasi hingga USD93 juta yang diungkapkan Kemkominfo pada IGDX Business.


Nah, dari informasi di atas kamu sudah memiliki gambaran dong bagaimana meniti langkah untuk menjadi seorang game developer. Semoga artikel ini bisa memacu semangatmu untuk bisa menekuni profesi game developer ya. FYI aja nih, prospek kerja di industri game beneran oke banget karena salary dan jenjang karirnya juga promising banget.

Tag

IGDX: Menguak Potensi Industri Game Indonesia yang Tinggi
IGDX: Menguak Potensi Industri Game Indonesia yang Tinggi
17 Mar 2023 07:58:01
Ingin Kembangkan Industri Video Game? Baca Dulu Ini!
Ingin Kembangkan Industri Video Game? Baca Dulu Ini!
17 Mar 2023 08:03:18
4 Cara Meraih Cuan dari Game
4 Cara Meraih Cuan dari Game
17 Mar 2023 08:06:42
Kenali Developer Game Terbaik Berikut, Mana nih Game Favoritmu?
Kenali Developer Game Terbaik Berikut, Mana nih Game Favoritmu?
17 Mar 2023 08:13:14