5 Game Buatan Developer Indonesia Ini Terkenal di Mancanegara!

17 Mar 2023 08:16:18
banner

Tahukah kamu ada game buatan developer Indonesia yang dilirik pasar mancanegara? Nampaknya game – game ini memiliki storytelling yang bagus dengan presentasi visual yang layak diacungi jempol. Kualitas game-nya sendiri ga perlu diragukan lagi. Tanpa banyak basa – basi, nih kita kasih info game buatan Indonesia yang berhasil masuk pasar internasional, berikut dengan developer game mereka yang sudah mendunia.

Dreadout

Yang demen game petualangan bergenre supernatural horor plus storytelling yang ngagetin, Dreadout layak menempati urutan pertama. Kamu akan bermain sebagai karakter Linda, seorang anak SMA yang terperangkap di kota tua yang lama ditinggalkan. Dibekali dengan smartphone dan kamera SLR, Linda harus menyelesaikan misteri di kota tersebut dan mencari takdirnya.

Sinopsis DreadOut

Dikisahkan sekelompok anak SMA sedang field trip lalu terpisah dari grup sekolahnya. Mereka mengalami kejadian tak terduga di sebuah kota yang terlupakan. Apa yang mengintai di dalam kota adalah misteri untuk mereka. Kota yang terlihat adem dengan jalanan biasa menjadi bencana saat kota tersebut mengungkap rahasianya. Ada kekuatan jahat yang menunggu mereka. Linda dan kemampuannya, harus berusaha menyelamatkan diri dan teman – temannya.

Fitur game Dreadout

  • Explore kota berhantu dengan vibe Indonesia

  • Battle melawan makhluk – makhluk supranatural

  • Menyelesaikan puzzle misteri yang menjadi hambatan

  • Switch view antara first-person dan third-person

  • Storyline yang keren

  • Play Act 1 dan 2 bersama dengan Act 0 (dirilis di demo Dreadout)

Developer game: Digital Happiness

Perusahaan pembuat game ini didirikan di Bandung pada tahun 2013. Berada di bawah naungan PT. Digital Semantika Indonesia, Digital Happiness menjadi developer game di Indonesia pertama yang berhasil membuat game horor terlaris. Dengan satu juta download, Dreadout juga merilis sekuel keduanya. Dreadout bisa kamu download melalui platform Steam.

Motte Island

Kamu yang pencinta horor fantasi pasti menyukai game yang satu ini. Game petualangan ini sangat menyeramkan di awal namun kamu akan terkesima dengan monster – monsternya yang cantik namun bikin ngeri. Storyline-nya sangat menarik dengan grafis yang apik. Tampilan game terlihat brutal namun mampu menarik player tenggelam dalam cerita yang tidak membosankan. Player juga akan menghadapi monster yang berbeda tergantung dari jalan mana yang dipilih karakternya.

Sinopsis game Motte Island

Ketika kendaraan dari penjara mengalami kecelakaan, Maxi mengambil kesempatan itu untuk melarikan diri. Maxi berlari pulang menuju kampung halamannya. Apa yang dia hadapi di kampung halamannya itu menjadi inti cerita game ini. Penemuan yang berbahaya itulah yang menjadi keseruan game Motte Island.

Fitur game Motte Island (available di rilis terakhir)

  • Ada banyak alternate attack

  • Ada banyak pilihan senjata dan musuh

  • Peta yang besar dengan segudang challenge

  • Puzzle yang seru

  • Durasi permainan lebih lama

  • Ada lebih banyak soundtrack dan sound SFX yang epik

Developer game: One Apperture

Sebelum menjadi studio game, One Apperture tadinya adalah studio fotografi. Tim developer game ini berlokasi di 3 negara, yaitu Indonesia, Amerika Serikat, dan Inggris. Walaupun terhalang perbedaan waktu, tim pengembang game ini berhasil merilis game yang kini bisa diunduh di platform Steam.

Ghost Parade

Menurut kamu game ini sudah pasti mengusung genre horor? Coba mainkan dulu! Perbedaan game ini dengan game horor lainnya terletak pada visualisasi si hantu. Hantu – hantu pada game ini malah tidak menyeramkan karena visualisasi mereka bikin gemas. Pada game lain kamu harus menghindari hantu, namun justru di Ghost Parade kamu malah harus mengenali hantu – hantu yang ditemui.

Sinopsis Ghost Parade

Suri adalah seorang perempuan muda yang berniat pulang ke rumah. Di perjalanan pulang ia tersesat di hutan dan malah menemukan hal – hal aneh di dalam hutan. Suri harus pulang tepat waktu, serta menyelamatkan hutan dan makhluk supernatural di dalamnya dari manusia jahat yang mengambil keuntungan dari hutan. Bertualang dengan hantu yang menjadi temannya, Suri harus menyelamatkan rumah mereka dari manusia.

Fitur game Ghost Parade

  • Ghost of A Chance: bertualang di hutan sendirian akan berbahaya maka player perlu ditemani hingga 30 hantu. Player juga bisa berinteraksi dengan 70 hantu di petualangannya.

  • A Brave New World: dunia supernatural berdasarkan mitologi horor di Indonesia.

  • A Feast for The Eyes: visualisasi grafis yang keren dengan karakter asli hantu Indonesia, storyline yang dinamis

Developer game: Lentera Nusantara Video Corporation

Berlokasi di Bandung, Lentera Nusantara adalah perusahaan startup yang bergerak dalam pengembangan konten digital dan budaya berbasis teknologi. Menjadi pengembang game, mereka tidak sendirian ketika merilis game Ghost Parade. Dibantu oleh Aksys Games sebagai publisher, Ghost Parade menjadi karya pertama Lentera Nusantara dan tersedia dalam konsol Playstation dan Nintendo Switch. Ghost Parade juga available dalam 3 bahasa, yaitu Inggris, Jepang, dan Cina.

Valthirian Arc: Hero School Story

Yang dulunya suka malas pergi ke sekolah siapa hayo! Bagaimana seandainya kamu memimpin sekolah?Nah game ini bukan tentang sekolah biasa, namun sekolah untuk para superhero. Player akan berada di posisi kepala sekolah yang bertugas memikirkan segala  hal tentang pembangunan sekolah superhero.

Sinopsis game Valthirian Arc

Cerita awal di game ini adalah sebuah tragedi, namun memungkinkan kamu di-hire sebagai orang yang bertanggung jawab untuk melatih para superhero. Game ini berpusat pada 5 ratu yang memimpin di Queendom masing – masing. Ketika ceritanya berkembang, ada milestones yang harus diselesaikan oleh player. Mampukah sang kepala sekolah ini memimpin akademi dan melatih para superhero baru untuk menjaga Valthiria?

Fitur game Valthirian Arc

  • Membuat akademi sendiri

  • Melatih para superhero baru

  • Menjadi superhero yang dibutuhkan Queendom

Developer game: Agate Games

Agate Games adalah perusahaan pengembang game yang berdiri di kota Bandung. Didirikan pada tahun 2009, Agate Games sudah pernah bekerja sama dengan developer game ternama, Square Enix dan Electronics Art. Pernah memenangkan lebih dari 20 kompetisi games di dalam dan luar negeri, tak heran bahwa Agate Games adalah salah satu developer game terbaik di Indonesia.

Ultra Space Battle Brawl

Ini adalah salah satu game yang seru banget dimainkan bareng teman satu geng atau anggota keluarga. Ga percaya? Di game ini, player harus main Pong (permainan mirip tenis) dengan metode fighting dalam versus mode. Kedua player harus pukul – pukulan sampai kristal di area lawannya hancur. Yang pertama kali menghancurkan kristal maka dialah yang jadi pemenangnya.

Fitur game Ultra Space Battle Brawl

  • Single player story mode, kalau kamu main sendirian

  • Banyak mode yang bisa dimainkan, bahkan hingga 4 player

  • Pixel art retro yang cerah dan berwarna – warni, terinspirasi dari seni visual game Jepang SEGA Genesis tahun 80-an

  • Ada 10 karakter keren yang bisa dipilih, semuanya terinspirasi dari budaya Indonesia yang beragam

  • Sound seru yang berupa mixing house music dangdut Indonesia dan musik synthwave 80-an 

  • Lagu opening merupakan feature dari komposer Manami Matsumae (game Mega Man)

Developer game: Mojiken Studio

Mojiken Studio merupakan pengembang game asal Surabaya. Ultra Space Battle Brawl dirilis perdana di Jepang dan sudah memperoleh sertifikasi CERO A. Game dengan CERO A berarti dapat dimainkan oleh semua umur. Bersama Toge Productions selaku publisher, Ultra Space Battle Brawl dirilis di berbagai platform, yaitu PC, Nintendo Switch, Playstation, bahkan di Steam.

Bangga ya, game – game yang disebutkan tadi sudah masuk ke pasar internasional. Ini membuktikan bahwa developer game dari Indonesia sudah memiliki talenta yang tidak kalah dengan yang di luar negeri. Ayo dukung terus industri game di Indonesia dengan memainkan game karya anak bangsa!

Tag

IGDX: Menguak Potensi Industri Game Indonesia yang Tinggi
IGDX: Menguak Potensi Industri Game Indonesia yang Tinggi
17 Mar 2023 07:58:01
Ingin Kembangkan Industri Video Game? Baca Dulu Ini!
Ingin Kembangkan Industri Video Game? Baca Dulu Ini!
17 Mar 2023 08:03:18
4 Cara Meraih Cuan dari Game
4 Cara Meraih Cuan dari Game
17 Mar 2023 08:06:42
4 Tips Menjadi Game Developer Andal
4 Tips Menjadi Game Developer Andal
17 Mar 2023 08:09:53