Kenali Developer Game Terbaik Berikut, Mana nih Game Favoritmu?

17 Mar 2023 08:13:14
banner

Industri game di dunia sudah tumbuh dan berkembang cepat selama lebih dari 50 tahun. Game berkembang mulai dari arcade machine yang kita pernah mainkan dengan uang koin hingga mobile game di handphone kita masing – masing, bahkan cloud gaming yang seru banget dimainkan bareng dengan cara streaming melalui server. Para game developer membuat game masa kini sangat menarik dan tentu menjadi salah satu sumber bisnis yang potensial. Berikut kami ulas beberapa game developer terbaik sepanjang masa.

Nintendo

Yang punya Nintendo Switch di rumahnya siapa aja nih? Nintendo berdiri tahun 1889 di Kyoto, Jepang, dengan nama asli Nintendo Koppai. Bisnis awal Nintendo adalah cardgame bernama Hanafuda. Kartu – kartu buatan Nintendo sangat populer karena dibuat dengan tangan (handmade). Demand kartu Nintendo melonjak hingga mereka memutuskan untuk membuat secara massal. Bisnis cardgame Nintendo tetap ada sampai sekarang hingga kini mereka memiliki turnamen kartu bridge sendiri, yaitu Nintendo Cup.

Game Nintendo yang populer diantaranya adalah Mario, The Legend of Zelda, Pokemon, Donkey Kong, Animal Crossing, dan masih banyak lagi. Apa kira – kira yang membuat Nintendo bertahan di tengah gempuran game developer baru di dunia? Game developer Nintendo agaknya lebih suka menciptakan permainan fresh yang bisa dimainkan sendirian. Game Nintendo juga simpel dan bisa dimainkan seluruh kalangan. Ingat Mario Bros kan? Mario hanya melompat – lompat mengumpulkan koin, lalu level game naik dengan makin banyak rintangan, kemudian di level akhir menyelamatkan Tuan Puteri. Apapun kerumitannya, siapapun akan bisa menikmati game buatan Nintendo.

Bethesda Game Studios

Kamu yang penggemar game berjenis RPG harus tahu yang satu ini. Bethesda Game Studios berdiri pada tahun 1986 namun baru memiliki namanya sendiri di tahun 1996. Pada permainan RPG (Role Playing Game) kamu bisa memainkan karakter game yang diinginkan di dalam sebuah dunia fiksi game secara online dengan player lain. Game terkenal yang dibuat disini contohnya Fallout, Skyrim, Oblivion, juga The Elder Scrolls.

Kelebihan game developer di studio game ini adalah kemampuan menarik player tenggelam dalam dunia game yang terasa nyata. Mereka membuat game yang menarik dimana ada karakter unik seperti naga, penyihir, mutan, dan masih banyak lagi. Bethesda Game Studios meningkatkan level game dengan tampilan 3D yang memukau, storytelling yang lebih baik, dan dunia fantasi yang menakjubkan.

Rockstar Games

Didirikan tahun 1998, game terkenal karya game developer Rockstar Games adalah Grand Theft Auto, Red Dead Redemption, dan Max Payne. Studio game ini memberikan pengalaman spesifik bagi player-nya. Pilar – pilar desainnya konstan di setiap peluncuran game mereka. Genre yang dibuat studio game  ini adalah open-world dengan third-person shooter (TPS). 

TPS adalah jenis game 3D dimana posisi kamera terlihat mengikuti di belakang karakter pemain, memungkinkan player dapat melihat lebih banyak hal di sekitar mereka daripada game dengan first-person. Karena tampilan third-person ini membuat player melihat karakternya terus – menerus sepanjang permainan, game ini disukai karena dapat lebih menunjukkan kepribadian. Player akan melihat cara karakternya berjalan, berinteraksi satu sama lain dengan yang lain, bereaksi terhadap peristiwa, bahkan apa yang dikenakannya.

Valve

Valve menjadi salah satu game developer terbaik versi kami karena mendulang kesuksesan di berbagai genre. Berdiri pada tahun 1996, Valve menjadi salah satu studio game berpengaruh karena keberhasilannya membuat game yang booming. Kamu bisa cek beberapa franchise mereka seperti Half-Life, Left For Dead, Team Fortress 2, Counter-Strike, dan yang pasti… DOTA. Apapun yang terjadi, kapanpun Valve menerbitkan game di genre baru yang fresh, mereka akan berhasil.

Kepopuleran Valve dimulai sejak dua pegawai Microsoft resign dari pekerjaannya dan menciptakan studio game sendiri. Satu dari beberapa produk populer Valve adalah Steam. Steam merupakan platform PC gaming terbaik yang ada sampai saat ini. Salah satu fitur Steam yang paling signifikan adalah pengembang game third-party bisa menjual game karya mereka di Steam dengan memberikan 30 persen potongan penjualan ke Valve. Valve menambahkan forum komunitas dan juga pengalaman search engine yang lebih baik untuk para penggunanya yang menjadikan Steam sebagai platform jual-beli game bagi para game developer baru.

Sony Interactive Entertainment

Kesuksesan Sony terletak pada perkembangan game console yang bernama PlayStation pada tahun 1994. Sony Interactive Entertainment (SIE) dulunya bernama Sony Computer Entertainment. Bisnis utamanya adalah mengontrol perkembangan video game untuk Playstation. SIE mengembangkan R&D, produksi, konten, serta penjualan berikut service hardware dan software sistem gaming Playstation. Mereka mendaftarkan lebih 250 game developer dalam mengembangkan bisnis game dengan membuat ‘perpustakaan game’ untuk game console, yang membuat pengguna bebas memilih game yang akan dimainkan.

Playstation Studios adalah first-party developer milik Sony. Game maker raksasa asal Jepang ini memiliki subsidiari secara global, yaitu di Jepang, Eropa, dan Amerika Utara. Apa saja studio game tersebut? Berikut ulasannya.

Jepang: Polyphony Digital dan Team Asobi

Eropa: Firesprite, Guerilla Games, Housemarque, London Studio, Media Molecule, Nixxes Software, Savage Game Studios, dan XDev.

Amerika Utara: Bend Studio, Bluepoint Games, Haven Studios, Insomniac Games, Naughty Dog, PixelOpus, San Diego Studio, Santa Monica Studio, Sucker Punch Productions, dan Valkyrie Entertainment.

Square Enix

Penggemar Final Fantasy ayo merapat! Yak, Square Enix adalah game developer gabungan dua studio game besar di tahun 2003 yang terbilang sangat sukses karena salah satu karyanya, Final Fantasy, menjadi hype bagi para gamer di tahun 90an. Studio game ini dicintai para penggemar RPG di seluruh dunia dengan game Final Fantasy Series, Dragon Quest, Chrono Trigger dan Chrono Cross, Secret of Mana, Kingdom Hearts, dan masih banyak lagi. Mereka menciptakan game dengan storytelling terbaik dengan soundtrack yang ciamik. Siapa disini yang kesengsem sama soundtrack-nya Chrono Trigger dan Final Fantasy?

Itulah 6 game developer terbaik versi kami. Dari yang sudah disebutkan di atas, kamu sudah pernah mainkan game yang mana saja nih? Simak terus artikel dari kami untuk memperoleh informasi lainnya seputar industri game.

Tag

IGDX: Menguak Potensi Industri Game Indonesia yang Tinggi
IGDX: Menguak Potensi Industri Game Indonesia yang Tinggi
17 Mar 2023 07:58:01
Ingin Kembangkan Industri Video Game? Baca Dulu Ini!
Ingin Kembangkan Industri Video Game? Baca Dulu Ini!
17 Mar 2023 08:03:18
4 Cara Meraih Cuan dari Game
4 Cara Meraih Cuan dari Game
17 Mar 2023 08:06:42
4 Tips Menjadi Game Developer Andal
4 Tips Menjadi Game Developer Andal
17 Mar 2023 08:09:53