Kominfo: Sudah Waktunya Kampus Membuka Jurusan Game Developer

15 Nov 2023 03:14:36
banner

Ketua Business Matchmaking Kominfo Luat Sihombing berbicara soal urgensi pembukaan jurusan gim di Indonesia saat virtual press conference pembukaan IGDX 2023 pada Selasa 6 September 2023. Mengingat perkembangan industri game yang berkembang semakin pesat akhir-akhir ini.

 

Dalam pidatonya, ia mengungkapkan jika sebenarnya yang dibutuhkan oleh pelajar Indonesia saat ini adalah spesifikasi jurusan.

 

“Kita butuh spesialisasi bukan generalisasi, harusnya semakin spesifik lagi dari para jurusan yang ada untuk lebih menghasilkan para profesi yang ada dalam industri game itu seperti art, desain grafis, dan sebagainya untuk menjadi spesifik dan ahli di bidangnya masing-masing,” ujar Luat.

 

Luat mengatakan, program studi yang disediakan oleh universitas dan institusi yang ada di Indonesia mulai dari kurikulum perkuliahan untuk mempelajari suatu cabang program ilmu, dari tahapan pemula sampai advanced sudah terpenuhi.

 

Hanya saja menurutnya masih diperlukan spesifikasi lebih lanjut mengenai program studi yang tersedia. “Kebutuhan jenjang yang kita butuhkan mulai dari early sampai expert itu sudah terpenuhi,” katanya. 

 

Pada pihak universitas maupun perguruan tinggi di Indonesia, Luat juga menyarankan agar hubungan antara kampus dan juga perusahaan industri game harus semakin menguat agar pihak kampus mampu membuka jalan karir para mahasiswanya yang ingin berkiprah di dunia game. 

 

"Keterlibatan antara pelaku industri di dalam kampus harus semakin intens. Saat ini, sudah ada beberapa kampus yang sudah mengeluarkan kebijakan magang para mahasiswanya untuk ditempatkan di berbagai perusahaan," jelas Luat.

 

Meskipun begitu, tantangan di dunia kerja di era sekarang tidak berhenti sampai disitu. Ketua Business Matchmaking itu juga menyadari jika memang terdapat ketimpangan jauh antara jumlah peminat dan jumlah perusahaan yang tersedia untuk menampung mahasiswa magang. "Komposisi yang diterima dan jumlah yang ada masih timpang," ungkap Luat. 

 

Satu-satunya cara yang menjadi pekerjaan tiap pihak adalah meningkatkan kualitas kurikulum dan mendukung para mahasiswa untuk menjadi entrepreneur-entrepreneur di dunia sektor pengembangan gim (game developer). Karena dengan begitu, semakin banyak perusahaan yang dibangun, maka semakin banyak juga kesempatan para mahasiswa menemukan tempat untuk magang. "Seiring waktu kita akan menemukan entrepreneur-entrepreneur di dunia game developer. Semakin banyak perusahaan yang dibangun, semakin banyak kesempatan mahasiswa untuk dapat tempat magang" kata Luat. 

 

Selain itu, Luat juga menyampaikan salah satu model peningkatan kualitas akademik mahasiswa yang bisa diterapkan oleh universitas, yakni memasukkan portofolio mahasiswa sebagai salah satu kriteria kelulusan mahasiswa.

 

Karena menurut Luat pihak-pihak di industri saat ini membutuhkan skill set profile dari para lulusan. Dengan begitu, saat para mahasiswa sudah lulus, mereka sudah betul-betul siap menapaki dunia kerja. "Kualitas akademik harus dipertinggi, dengan menjadikan kriteria portfolio sebagai syarat kelulusan mahasiswa. Karena itu adalah skillset yang dibutuhkan oleh pihak industri," pungkas ketua Business Matchmaking Kominfo.

Tag

IGDX: Menguak Potensi Industri Game Indonesia yang Tinggi
IGDX: Menguak Potensi Industri Game Indonesia yang Tinggi
17 Mar 2023 07:58:01
Ingin Kembangkan Industri Video Game? Baca Dulu Ini!
Ingin Kembangkan Industri Video Game? Baca Dulu Ini!
17 Mar 2023 08:03:18
4 Cara Meraih Cuan dari Game
4 Cara Meraih Cuan dari Game
17 Mar 2023 08:06:42
4 Tips Menjadi Game Developer Andal
4 Tips Menjadi Game Developer Andal
17 Mar 2023 08:09:53